Golek Campursari

Buah mangga Golek Campursari yang sedang ranum (Fotografer: Wahyu, 2017)

Inilah mangga unggulan terbesar dari Blora, Jawa Tengah. Namanya Golek Campursari. Benih mangga unggulan ini ditemukan oleh Wahyu Mulyaningsih dan Purwoto. Saat  ini pohon mangganya masih berbuah lebat di depan rumahnya. Berat buah bisa mencapai berat 2,5 kg

Wahyu menuturkan, Golek Campursari pernah mendapatkan juara 2 tingkat nasional. Tahun 2002, temuan bibit mangga ini telah di muat dalam Majalah Trubus dan Jurnal Kementerian Pertanian. Dan pada tahun  2016, di IPB Bogor, Goleh Campursari ini di nobatkan menjadi mangga unggulan nasional yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia saat itu.

Wahyu (jilbab biru tengah) dan Purwoto (tengah berpeci hitam) dalam komunitasnya akhir-akhir ini 
(foto keleksi Purwoto)
Purwoto dan wahyu hingga saat ini masih aktif melakukan penelitian bibit mangga campuran. Ia mengaku, merasa sangat senang, apalagi saat mendapatkan perhatian langsung dari Menteri Pertanian dan Rektor IPB.

"Paling bulan depan baru bisa jual kalau sudah turun hujan basu bisa mindah ke polibek ukuran 1mtr 150 rb, uk 50cm_75cm 100rb", pungkas Wahyu saat ditanya ketersediaan bibit mangga Golek Campursari.
Untuk mengetahui lebih detail perihal buah mangga Golek Campursari, berikut nomor wa nya +62 813-2631-0033. (mahmudi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Gallery Kehutanan