Fan's Food Khas Pemalang

(Nanas Madu asli dukuh Sodong, desa Sikasur,
kec. Belik, Pemalang) 
Fan's food merupakan usaha UMKM dibidang makanan khusus produksi olahan berbahan nanas dengan merk Vitanas yang merupakan komoditas pertanian dari Desa Sikasur kecamatan Belik Pemalang.

Produk olahan vitanas muncul dengan latar belakang bahwa hasil tanaman nanas yang berada di Belik langsung dijual kekota besar. Sehingga Fani, suami dan kelompoknya mencoba untuk mengolah menjadi produk minuman dan makanan yang keduanya merupakan ahli dibidang kesehatan terlebih Fani ahli gizi.

Awal usaha mulai dilakukan pada tahun 2012, masa uji coba pengolahan agar menjadi minuman dan makanan yang berkwalitas selama 6 bulan. Berkat kegigihan Fani dan suami Muhammad Sidqon dari mulai proses, kemasan dan penjualan akhirnya terbayar sudah bahwa olahan yang mereka produksi diterima oleh pasar terutama di kota-kota besar Jakarta, Surabaya, Surakarta dan lain-lain. Bahkan Istri Jokowi dan Yusuf Kalla sering pesan kerika stok mereka habis, pungkas Fani dan Sidqon.

(Aneka produk olahan nanas, dukuh Sodong, desa Sikasur, 
kec. Belik, Pemalang) 
Nanas yang mereka dapat dibeli secara langsung dari petani. Sehingga Petani sangat terbantu karena tidak melalui tengkulak. Buah nanas yang diperoleh juga harus memenuhi standart kwalitasnya, agar   minuman dan makanan yang dihasilkan juga berkwalitas. Dalam proses produksi juga melibatkan perempuan sekitar sehingga turut bantu perekonomian keluarga.

Minuman dan makanan yang diproduksi dari olahan nanas,yaitu jus, sirup, manisan, krupuk dan koktel. Rasanya dijamin memuaskan lidah. Berkat kwalitas rasa yang enak,  usaha ini mampu berkembang dan patut diperhitungkan dipasaran sehingga hasil yang didapat mempunyai daya tawar.

(Owner Fan's Foof khas Pemalang, Bu Fani dan Bapak Sidqon)
Ditahun 2015, Fan's food menjadi juara nasional dalam ajang " Pangan Award" dengan tema buah tropis inovatif. Sehingga nama produk Vitanas lebih dikenal oleh banyak kalangan, terutama kalangan pejabat. Fan's food juga sering mengikuti pameran pangan dan sering pula menjadi mentor dalam pengembangan produk minuman dan makanan didaerah lain.

Jurnalis: Mahmudi, SPI

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Gallery Kehutanan