Telaga Biru, Sodong Pemalang

(Aliran air pada Telaga Biru, desa Sikasur, Pemalang)

Dukuh Sodong, Desa Sikasur kecamatan Belik kabupaten Pemalang Jawa Tengah merupakan daerah pertanian subur yang mengedepankan pertanian alami dan kaya akan sumber daya mata air. Salah satunya adalah telaga biru di Sodong. Masyarakat sekitar menikmati air untuk irigasi, sedangkan mata air dialirkan ke desa Sikasur ke bawah hingga sampai di kota Pemalang.

(Telaga biru juga dimanfaatkan untuk supplai PDAM, Pemalang) 
Awal pengelolaan mata air telaga oleh PDAM Kabupaten Pemalang dibangun sekitar tahun 2010, dengan persyaratan warga Sikasur harus menerima bagian sebesar Rp 10,-/m3 dalam setahun yang sebelumnya permintaan warga butuh perjuangan keras.

(Telaga Biru yang dimanfaatkan untuk pertanian masyarakat)
Masyarakat dukuh Sodong sendiri tidak memanfaatkan air telaga biru untuk air bersih, melainkan dari desa sebelah yaitu Bulakan karena terkait biografis Sodong yang lebih tinggi sedangkan telaga lebih rendah. Sehingga kalau butuh air bersih dari telaga, harus menggunakan mesin maintenance dan tampungan untuk dialirkan warga Sodong.

Pengelolaan air bersih warga Sodong berasal dari desa Bulakan yang terletak di atas dukuh dengan sistem bayar sebesar Rp 500,-/m3. Ada 500 rumah yang sudah menjadi pelanggan. Paguyuban Mekar Tani dukuh Sodong adalah pengelola air bersih yang diketuai oleh Yusuf Hasyim atau lebih akrab dipanggil Yusyim.

Peran Husyim dan paguyuban mekar tani ini sangat berpengaruh dalam pengembangan masyarakat dukuh Sodong yang merupakan dukuh yang mengajukan pemekaran agar menjadi desa definit. Pengajuan untuk menjadi desa definit sudah dimulai dari tahun 2010, ditahun 2020 semoga sudah menjadi desa definitif dan sudah terjadi Pilkades, pungkas Yusyim. Cp.Yushim 087837185234

Jurnalis: Mahmudi, Sulang
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Gallery Kehutanan