SPI Rembang Akan Lakukan Pemetaan Potensi Desa

Hal penting yang perlu tersiapkan secara akurat dalam membangun desa adalah tentang ketersediaan data potensi desa. Menjadi penting karena beberapa desa mengalami kendala saat mengimplementasikan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa, namun disisi lain, data potensi desa belum tersedia dengan baik. Melihat kenyataan di atas, Serikat Petani Indonesia (SPI) Cabang Rembang akan memfasilitasi kegiatan pemetaan potensi desa, yang salah satunya adalah desa Bulu kecamatan Bulu kabupaten Rembang.

Dalam pemetaan potensi desa ini, SPI bekerja sama dengan elemen supra desa, tokoh desa, hingga pemuda desa secara partisipatif.

Menurut Mahmudi selaku Ketua SPI Rembang, dalam pemetaan potensi desa Bulu akan difokuskan pada sembilan hal. Beberapa list potensi desa tersebut diantaranya; Makam RA. Kartini, Mata Air Taban, Industri Kreatif (kerajinan akar, bonsai akar, marmer, batik, furnitur),  Pertanian dan perkebunan (rumput pakan ternak, kapuk, gedondong), Punden Bolo Dewo, Mbah Marsam (Sesepuh Bulu), Tebing Bolodewo, Waduk, dan Bumi perkemahan dan route offroad/trabas. Pemetaan potensi desa ini akan dilakukan pada bulan Mei ini. 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Gallery Kehutanan