Balitbangtan Siapkan Varietas Unggul Kedelai Edamame


SERIKATPERANIREMBANG.COM - Kedelai sayur (vegetable soybean) atau lebih populer dengan nama "edamame" sebagaimana kedelai biasa termasuk spesies Glycine max L. Sesuai dengan namanya, edamame dipanen ketika polongnya masih muda dan hijau, tepatnya ketika polong sudah mengisi penuh.

Prospek usaha tani edamame cukup menggiurkan.  Baru-baru ini Bapak Menteri Pertanian melepas ekspor kedelai edamame ke Jepang dari Jember Jawa Timur.   Menurut petani edamame Pak Maman Usman di kec. Cisarua, kab Bogor rata-rata dari 1 kg benih dapat menghasilkan lebih 100 kg bersih polong muda (isi 2-3 biji/polong). Kebutuhan benih 1 hektar  70 kg. Dalam 1 hektar, kedelai edamame dapat menghasilkan 7 ton polong muda. "Rata-rata harga jual polong muda ke pengumpul Rp10000 - 11000/kg, sehingga akan menghasilkan 70-77 jt/hektar belum dikurangi dengan biaya-biaya" ujar Pak Maman.

Nilai gizi edamame cukup tinggi yaitu 582 kkal/100 g, protein 11,4 g/ 100 g, karbohidrat 7,4 g/100 g, lemak 6,6 g/100 g, serta kandungan vitamin A, B1, B2, B3, C,  dan mineral lainnya seperti fosfor, kalsium, besi, dan kalium yg relatif tinggi. Ciri utama edamame adalah polongnya yg besar (jumlah polong muda sekitar 150/bobot 500 g), dengan bobot biji kering (lebih 30 g/100 biji) jauh lebih besar dari kedelai biasa (10-22 g/100 biji), tekstur biji lembut, rasa biji polong rebus lebih manis dan gurih.

Masalah dalam budidaya edamame dan yang sering dikeluhkan petani adalah sulitnya untuk mendapatkan benih berkualitas, sementara benih yg beredar di masyarakat seringkali tidak jelas asal dan kualitasnya, serta harganya lumayan mahal (Rp.100 ribu/kg).  Sampai saat ini benih varietas unggul kedelai edamame sangat dibutuhkan masyarakat.  Karena sulitnya mendapatkan benih unggul bermutu atau bersertifikat. Untuk itu upaya penyediaan varietas unggul dan kemudahan memperolehnya perlu diupayakan.

Balitbangtan telah melakukan upaya perakitan varietas unggul kedelai edamame. Menurut Dr Asadi dari BB Biogen Balitbangtan, hasil seleksi dan uji galur galur edamame beberapa tahun terakhir, diperoleh 10 galur.  Pada musim1 (MT1) 2018 dari uji daya hasil lanjutan (udhl) terhadap 10 galur terpilih, diperoleh 5 galur harapan. Uji keunggulan dan kebenaran sebagai tahapan terakhir yg harus dilalui sebelum pendaftaran untuk peredaran benih  (pelepasan) komoditas hortikultura ini. 

Uji terakhir  galur harapan edamame pilihan tersebut akan dilakukan pada MT2 2018 ini. Harapannya dari hasil uji keunggulan dan kebenaran tersebut akan terpilih calon2 terbaik (sekitar 3 galur harapan) sebagai kandidat varietas unggul edamame  untuk diajukan pelepasannya pada awal tahun 2019. Semoga varietas unggul edamame yang ditunggu-tunggu petani dapat segera dilepas dan benihnya beredar sehingga dapat meningkatkan gizi masyarakat dan pendapatan petani.

Sumber: http://www.swadayaonline.com/artikel/1394/Balitbangtan-Siapkan-Varietas-Unggul-Kedelai-Edamame/
Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Arsip Blog

Label

Arsip Blog

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita