DAHLAN PANEN TEMBAKAU


SERIKATPETANIREMBANG.COM - Desa Karangharjo kecamatan Sulang merupakan desa sentral Petani tembakau di kabupaten Rembang yang melakukan penanaman musim kemarau pasca panen padi.

Dahlan salah satu Petani tembakau di Karangharjo yang termasuk panen awal. Sebar benih atau mbedeng tembakau dilakukan pada 25 Maret, kemudian setelah umur bibit 40 hari penanaman dilakukan secara massal di lahan yang sudah disiapkan.

Ramijah istri Dahlan mengaku, pada musim kali ini mereka tanam seluas satu hektar lahan. Masing-masing area lahan sebagian sewa. Dalam luasan setengah hektar harga sewa sebesar Rp. 2,8 juta  selama musim tanam tembakau. Sebagian lahan yang disewa berada di desa Tanjung dan Sulang. Kalau di Desa Karangharjo sendiri lahan sewa sudah mencapai harga 5-6 juta dengan luas setengah hektar.


Dalam musim tanam kali ini, tanaman tembakau milik Dahlan mencapai 25 daun yang kemudian dilakukan proses pemunggelan/punggel dengan cara memotong pucuk tanaman dan ditetesi obat agar tidak muncul sogleng/trubus baru pada tangkai. Sehingga daun bisa lebar dan tebal. Kalau pada musim tanam masih ada hujan, daun 30 baru dipunggel. Di musim ini, Dahlan bersama Petani tembakau yang lain mengaku terkendala masalah air untuk penyiraman. Tanaman milik saya seluas 2 Ha juga kurang air, tambah Mariyono yang juga Petani tembakau dan sekaligus ketua APTI ( Asosiasi Petani Tembakau Indonesia) Rembang.


Menurut pengakuan Dahlan, rincian biaya yang dikeluarkan dalam satu musim tanam dengan luas 1 Ha sekitar 15 juta belum termasuk sewa lahan. Hasil yang didapat sekitar 60 juta per hektar. Namun itu hanya perkiraan, karena sebagian besar Petani kurang merinci secara detail. Mariyono menambahkan perkiraan global biaya produksi pra-tanam hingga pasca panen sebesar 30-35 juta sudah termasuk sewa lahan.

Harapan mayoritas dari Petani tembakau di Rembang. Semoga harga yang didapat sesuai mutu kualitas hasil rajang kering daun tembakau, karena musim kali ini sangat panas sehingga berpengaruh pada kematangan dan ketebalan daun. Dan semoga pada saat panen kali ini, harapannya hujan belum turun karena menyangkut proses pengeringan bawah terik matahari. (Admin SPI Rembang/ 2018)

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Gallery Kehutanan