PROFESI TANI DAN TERNAK DIRIKAN YAYASAN PENDIDIKAN PAUD



SERIKATPETANIREMBANG.COM - Sutrisno Bapak usia 55 tahun, suami dari Endang Nur Sayekti yang tinggal di Desa Panohan kecamatan Gunem ini kesehariaanya adalah bercocok tanam dan beternak sapi. Sutrisno juga pernah menjadi pengaja di MTS N 1 Sulang karena beliau, merupakan lulusan PGA Lasem kala itu.

Pilihan profesi yang dia tekuni membuat hati terasa tentram. Apalagi ketika beliau mampu mendirikan Yayasan Pendidikan yaitu PAUD dan Kelompok Bermain Al-Ihlas sejak tahun 2012 hingga sekarang. Dalam usia muda, beliau mengaku pernah berguru kepada Almarhum KH. Wahab Husein di Ponpes Binnur Sulang.

Selain beraktifitas bidang pertanian, peternakan, dan pendidikan, Beliau juga mengabdikan diri di masyarakat desa Panohan selaku Ketua Rukun Warga (RW). Selain itu juga menjadi ketua LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Huta) desa Wonokaryo.

Saat ini Sutrisno menggarap lahan sekitar seperempat hektar, itupun bukan lahan milik pribadi, yaitu tanah milik tetangga. Tanaman jagung, cabai dan sela gulutan ditanami rumput gajah odot menjadi tanaman siklus atas tanah sewa tersebut. Ia juga selalu rajin membawakan pakan ternaknya, usai merawat tanamannya.


Terkait ternak, awalnya memelihara domba atau wedus gibas dengan fokus penggemukan sebanyak 30 ekor pejantan dengan kandang panggung. Dari setiap 1 ekor penggemukan pejantan, mendapatkan mencapai 400-500 ribu dalam jangka waktu dua bulan. Sutrisno fokus pengembang biakan sapi indukan sejumlah dua ekor disaat usia senjanya. Jenis sapi yang digemukkan adalah jenis peranakan sapi brahma dari indukan sapi lokal dengan kawin suntik. Biasanya, dalam kurun waktu 6-7 bulan, anakan sapi dapat terjual sekitar 13 juta rupiah.

Pakan sapi berasal dari rumput tanam sendiri dengan tambahan dedak serta campuran dami/jerami kering yang ditimbun mana kala panen padi telah tiba. Hasil inilah yang dia gunakan untuk menghidupi istri dan dua anak serta mengembangkan keberlangsungan dari lembaga pendidikan PAUD yang Ia dirikan. Masyarakat yang belajar di PAUD Sutrisno ini, tanpa dipungut biaya alias gratis.


Sutrisno berharap ada santunan untuk membantu dalam pengembangan gedung baru. Karena tempat belajar yang ada berada di rumah dengan ukuran sektar 3m x 6m tidak dapat menampung 27 anak didiknya.

Keterangan Yayasan Pendidikan
Nama: Sutrino
Lembaga Pendidikan: PAUD dan Kelompok Bermain Al-Ihlas
Alamat: Jalan Sulang - Gunem KM 07, desa Panohan Rt. 02 Rw. 01 kecamatan Gunem kabupaten Rembang
Status: Gratis tanpa memungut biaya
Handphone: +62 853-3621-9743

(Admin SPI Rembang/ 2018)

Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Arsip Blog

Label

Arsip Blog

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita