RAKIMIN PEMBUAT TOPI LONTAR


SERIKATPETANIREMBANG.COM - Rakimin merupakan sosok pria paruh baya yang membuat produk unik dari daun lontar. Rakimin berasal dari Desa Jatimudo kecamatan Sulang.

Daun lontar biasa juga digunakan sebagai wadah jajanan yang dikenal dengan nama Dumbek. Selain untuk jajanan dia memanfaatkan untuk menghasilkan sebuah karya produk topi.


Topi yang dibuat Rakimin terlihat unik dan nyentrik. Meski terbuat dari daun lontar desain topi bisa sesuai pesanan. Selama ini memang belum dipasarkan secara bebas. Hanya sebatas melayani pesanan saja. Karena dari hasil produk yang dibuat ini,kalau belum ada kepastian pasarnya Rakimin belum berani bertindak banyak sebagai kegiatan yang bernilai ekonomis vital.


Dalam proses untuk mendapatkan satu topi, butuh jangka waktu pembuatan tiga hari. Dengan tahap satu hari untuk pengeringan daun ( jangan terlalu kering) agar bisa dirajut. Kemudian dua hari untuk proses perajutan agar menjadi sebuah produk.

Harga topi yang dihasilkan, berkisar 50-70 ribu sesuai dengan bentuk model dan kerumitan dalam pembuatannya.

Semua proses dalam pembuatan, sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Cuma tinggal ada tekad, kesabaran dan ketelitian saja, pungkas Rakimin. (Admin SPI Rembang, 2018)

Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Arsip Blog

Label

Arsip Blog

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita