Juroh Legen Potensi Desa Pranti

SERIKATPETANIREMBANG.COM - Salah satu tanaman karakteristik beberapa desa di kecamatan Sulang adalah tanaman bogor atau siwalan bisa disebut juga pohon legen. Karena hasil dari pohon tersebut buahnya disebut siwalan dan air legen.



Musim kemarau saat ini harga legen 8rb/botol 1500ml. Dalam musim kali ini, Petani di desa Pranti dan sekitarnya banyak yang menjual dalam wujud air legen. Karena harga yang relatif baik dan tanpa melakukan proses pembuatan.

Dalam pembuatan Gula merah legen paling tidak diperlukan air legen sebanyak 6-7 liter agar bisa mendapatkan gula kemplong seberat 1 kg. Itupun dengan tahapan tiga kali dalam pembuatannya. Pertama, siapkan air legen yang kemudian direbus dengan pawon kayu hingga mendidih hingga memerah dengan diaduk. Kemudian, ditiris dan didinginkan. Itu yang disebut gula cair atau juroh. Kalau ingin dibuat menjadi gula merah yang keras. Hasil dari Juroh tersebut direbus kembali lalu dituang dicetakan yang terbuat dari daun lontar.


Yasmi mengaku harga gula kemplong seharga 15rb/kg. Sedangkan juroh (gula cair) 30rb/1,5liter. Harga air legen 8rb/botol besar. Itu harganya Mas, tambah Sumadi adik Yasmi pembuat juroh. 

info dan pemesan, Sumadi 085290233405

Admin SPI Rembangl
Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Arsip Blog

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita