Penentu Grade Kacang Tanah



Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan cermati ketika kita sudah melakukan pengiriman kacang tanah ke pabrik. Hal yang sangat penting dalam menentukan grade kacang sehingga berpengaruh pada harga adalah refraksi. Baik Petani, Suplyer yang menjual hasil kacang langsung ke Pabrik, kudu jeli dengan hal ini.

Dalam menetukan grade kacang, biasanya ppihak Pabrik selalu menggunakan parameter yang terukur. Tindakan grading penentu grade kacang tanah dilakukan dengan cara pengambilan sampel terlebih dahulu. Sampel yang digunakan adalah sampel kacang yang diambil kurang lebih 200 sampai dengan 250 gram setiap karung dari seluruh karung berisi kacang yang dikirimkan ke pabrik.

Setelah sampel terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah penyatuan dari seluruh sampel yang terambil. Tujuan pengadukan sampel adalah memastikan tingkat kotoran dari seluruh kacang yang ada di karung. Biasanya, proses tersebut dilakukan bersama-sama antara pihak penjual dengan pihak pabrik. Sehingga kedua belah pihak sama-sama mengetahui berapa tingkat kotoran yang tertempel pada kacang tanah maupun yang tidak tertempel.


Berdasarkan informasi dari salah satu perusahaan ternama yang selalu menerima hasil kacang biji 2 dan biji 3 ini, yaitu Garuda Food, proses grading dilakukan melalui dua tahap. Adapun mengenai proses grading adalah sebagai berikut.

Pertama, sampel yang dipilih oleh pihak penjual (Mitra atau Suplier) akan dilakukan penimbangan pertama untuk mengetahui berat awal sampel. Setelah diketahui berat sampel akan dicatat pada form timbang pertama. Kemudian dilanjutkan ke pembersihan sampel baik pemisahan kacang dari kotoran dan pembersihan tanah yang menempel pada kacang sampel tersebut dengan cara dicuci, setelah dicuci sampel kacang tersebut di keringkan dengan lap agar kisat.

Setelah sampel kacang kering/kisat maka pabrik akan menimbang sampel tersebut  untuk mengetahui berat sampel setelah dibersihkan. Sehingga pihak pabrik mengetahui berat timbang ke dua dari sampel tersebut dan di tuliskan pada form timbang. Kemudian, pihak pabrik akan melihat kadar refaksi dari sampel tersebut dengan jalan hasil timbang pertama dikurangi hasil timbang ke dua, muncul nilai selisih dan dibuat prosentase sebagai refaksi.

Kedua, setelah proses penentuan refaksi selesai, sampel tersebut akan dilakukan grading. Grading kacang ini adalah cara untuk mengetahui kualitas dari kacang terkirim melalui sampel. Dari hasil pemilahan antara tua dan muda (penentu kualitas), sudah tentu terdapat kacang sampel yang tidak setandar yang diklasifikasikan ke netral. Untuk hasil kualitas tua berbanding muda itu akan dipakai sebagai dasar penentu harga pembelian. Adapun pada bagian yang netral tidak mempengaruhi hasil Tua dibanding Muda, tetapi secara pembelian bagian netral akan turut terbeli secara kuantitas kacang terkirim.


Dari informasi di atas, para sedulur tani pemulia dan suplayer kacang, sedapat mungkin untuk tetap memiliki standar pengiriman kacang yang sesuai dengan permintaan. Dengan pengiriman kacang yang berkualitas, maka nilai tawar dari kacang petani dan suplayer kacang yang memiliki daya beli tinggi.

Walaupun demikian, dalam proses pelaksanaan penentuan grading kacang yang berkualitas, para pemulia kacang sudah saat mendapatkan nilai tawar yang semakin lebih baik. Pabrik sudah saat melakukan pendampingan secara terus menerus terhadap pemulia kacang. Karena terkadang apa yang menjadi instrumen grading kacang oleh pihak Pabrik, tidak selalu disampaikan oleh pihak perantara/ suplayer. Selain pendampingan langsung, hal yang perlu dilakukan pabrik adalah memberi akses langsung kepada petani kacang dalam proses distribusi kacang. Dengan demikian, kualitas kacang yang diinginkan pabrik dapat terpenuhi.

Terbangunnya rantai distribusi memang penting, tapi tidak kalah pentingnya adalah bagaimana rantai distribusi dapat menjadi pintu masuk dalam meraih kesejahteraan pihak petani dan pihak pabrik kacang. (Admin SPI Rembang/ 2018) 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Gallery Kehutanan