Pangan Yang Utama



SERIKATPETANIREMBANG.COM-Pangan merupakan kebutuhan utama yang harus dicukupi dan dipenuhi. Itu hal ihwal yang selalu dikemukakan oleh sosok pria paruhbaya dengan lantang dan tegas. Pria ini dikenal dengan Kaji Jaya, Petani asal desa Pasedan Bulu Rembang. Dari apa yang diyakini ini, Mbah Jaya menanam tanaman pangan berupa pisang, kedondong, sukun, jambu air dan jagung. 

Budidaya tanaman pisang ini, sudah dilakukan Kaji Jaya semenjak 20 tahun lalu. Dalam luasan 2 hektar area Mbah Jaya mengkolaborasikan antara tanaman pisang dengan kedondong di atas tanah miliknya sendiri. Jambu air berada di lokasi berbeda, sedangkan sukun dan jagung di area desa hutan. Tanya kami berapa luas Mbah, pungkasnya sekitar 30 hektar lebih.



Dalam keyakinannya, tanaman yang ditanam adalah tanaman sumpah. Artinya, tanaman yang sudah pasti berbuah dan memberikan hasil kepada yang merawatnya. Termasuk tanaman sukun yang baru satu tahun ditanam. Menurutnya, sukun ini akan menghijaukan desa hutan serta memberi manfaat berupa hasil buah yang bisa dimanfaatkan untuk kedaulatan pangan. Begitu tutur Mbah Jaya dengan mantapnya.




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Gallery Kehutanan