Fertigasi Solusi Alternatif Di Rembang

SERIKATPETANIREMBANG.COM - Fertigasi merupakan sistem pengairan tanaman dan pemupukan yang diberikan secara bersamaan melalui irigasi tetes. Fertigasi berasal dari paduan kata "fertilisasi/fertilizer" (pemupukan) dan "irigasi/irigation" (pengairan). 

Dilihat dari segi efisiensi penggunaan air, nutrisi, tenaga kerja dan pemanfaatan lahan pekarangan yang tandus dan tidak subur teknik fertigasi dapat dijadikan solusi alternatif dalam budidaya tanaman dan menguntungkan. Akan tetapi, biaya awal dalam pembelian perlengkapan fertigasi terbilang mahal, sehingga hal ini menjadi kendala bagi Petani dalam menerapkan sistem irigasi. Namun sebagai Petani yang kreatif dan inovatif, hal tersebut bukan menjadi kendala yang berarti.
Luasan lahan Kabupaten Rembang mayoritas adalah tanah tegalan dan sawah tadah hujan, serta masih terkendala dengan kurangnya sumber mata air sehingga sistem pengairan lahan belum bisa optimal. Selain sumur bor, infrastruktur  pertanian seperti bendungan yang belum memadai. Sistem Fertigasi ini, menjadi pilihan warga kecamatan Sulang dalam pengembangan budidaya tanaman yang efisien. 

Rencana pertengahan desember akan kami tanami melon queen dan golden dengan pihak yang sudah memiliki pasar. Sehingga modal segera kembali dan dapat lebihnya Mas, ungkap Arif dan Zainal yang merupakan anggota SPI Rembang.


Admin SPI Rembang

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Label

Gallery Kehutanan