Kembang Sosor Bebek Aktif Mengurangi Dampak Pemanasan Global

www.serikatpetanirembang.com - Tunas daun adalah ciri khas perkembangbiakan tumbuhan cocor bebek. Disebut tunas daun karena bibit bibit muda cocor bebek muncul di sekitar ruas daun. Dan tersebut cocor bebek karena bentuk daunnya persis dengan mulut unggas bebek.
Para penikmat bunga, bunga cocor bebek sangat disukai karena perawatan yg mudah, dan tampilan bunga yg eksotis ketika ditaruh di pot pot rumah. 

Awal mulanya, tumbuhan yg satu ini berasal dari Madagaskar. Tumbuhan yang sangat cepat pertumbuhannya di musim hujan ini, cukup baik dalam menyerab air. Sehingga ketika musim kemarau, tumbuhan ini dapat menjadi penyeimbang suhu sekitar. 

Permukaan daun cocor bebek terlihat halus. Hampir batang dan daunnya relatif sama, yaitu berkarakter lembek dan penyimpan dan air. Inilah alasan mengapa tumbuhan ini memiliki sistem perkembangbiakan tunas daun. Tidak lain adalah untuk menjaga bakal anak tetap aman, terjaga, hingga tunas tunas itu berjatuhan yg siap tumbuh.

Cocok bebek selama ini kerap digunakan untuk meringankan sakit panas, sakit kepala,  anti oksidan, hingga melancarkan haid. 
Untuk obat sakit panas, caranya cukup mudah, ambilkan selembar daunnya, lalu bersihkan, kemudian tempelkan pada dahi, ketiak, hingga bagian yang dianggap panas. Tak lama kemudian, panas badan itu akan segera turun. Jika belum ada perubahan panas, ulangi beberapa kali hingga suhu badan turun dg normal.  

Bagi pegiat pupuk organik, dedaunan cocor bebek ini cukup penting utk bahan dasar utk pembuatan bubuk padat hingga cair. Terlebih utk penyubur tanah, pupuk ini cukup bagus digunakan krn dapat secara cepat memperbaiki struktur tanah mati yg rendah humus. 

Bunga yang satu ini juga disukai unggas bebek. Unggas sejenisnya juga menyukai dedaunan cocor muda. Bagi peternak unggas, cukup menarik utk mwngwmbangbiakkan bunga yg satu ini. 
Namun ada hal yang penting seiring dengan pemanasan global saat ini. Karakteristik cocor bebek yang dapat menyerap sekaligus menyimpan air ini, dan aktif berfungsi penyerap zat radikal bebas, sangat cocok utk penyeimbang suhu. Dengan mudahnya perkembangan biakan cocor bebek dengan tunas daun, maka perlu kiranya kita bersama sama menanam tumbuhan adventif ini disekitar rumah dan lingkungan kita. Sehingga demikian, suhu lingkungan sekitar akan tetap terjaga kelestariannya. 
Mumpung musim hujan, mari menanam bunga cocor bebek. Dengan menanam bunga cocor bebek, kita juga sudah berperan aktif mengurangi dampak negatif pemanasan global (admin spi rembang) 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita

Postingan Populer