Henry Saragih & Kedaulatan Pangan

JAKARTA, serikapetanirembang.com - Menurut Henry Saragih, konsep kedaulatan pangan adalah kemauan kita dalam menata dan menghitung lahan.

"Kita hitung aja lahan sawit kita, lahan gandum, lahan padi kita. Kalau kita benar benar mau. Inilah kedaulatan pangan," papar Saragih dalam Liputan Pangan di KompasTV malam ini.

"Petani jangan tergantung pada pasar. Petani harus produksi secara mandiri," tambah Henry, Ketua Umum SPI.

Dalam hal perilaku pangan, Henry menegaskan bahwa perilaku pangan kita harus diubah. Henry mengingatkan bahwa Indonesia memiliki diversitas pangan yang holistik, sehingga menurut Henry, tidak ada masalah dengan pangan. Tampaknya Henry Saragih ingin menyampaikan pesan kuat bahwa kedaulatan pangan adalah keniscayaan, bukan mimpi belaka.

Menurut Henry, dalam hal bibit dan lahan kita lengkap. Hanya saja perilaku dan pengetahuan kita yang perlu di tata.

"Dan yang penting adalah akses untuk petani agar kuat tidak tergantung pasar. Inilah yg kita maksud kedaulatan pangan menjadi visi dan misi kita," lugas Saragih.

Menurut Henry, selama ini petani tahu, dimana dan kemana, hingga berapa hasil pangannya dijual dipasaran.

"Dengan infrastruktur jalan yang sudah merata saat ini, banyaknya pasar rakyat, saya yakin petani segera berdaulat," pungkas Henry Saragih dalam KompasTV.

Penulis: Mahmudi
Penyelaras: Mahmudi

Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita