Lanjutkan Fondasi Kedaulatan Pangan yang Dibangun Jokowi

JAKARTA. Menjelang lima tahun memimpin Indonesia*, Presiden Joko Widodo telah membangun fondasi kedaulatan pangan, dan ini harus dilanjutkan demi kesejahteraan petani dan masyarakat perdesaan. Hal ini diutarakan Henry Saragih, Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) dalam tiga buah talkshow yang ditayangkan oleh tiga tv berbeda di Jakarta, malam ini (14/02).

Henry memaparkan, kedaulatan pangan pada dasarnya memiliki tujuh prasyarat utama yakni reforma agraria; adanya hak akses rakyat terhadap pangan; penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan; pangan untuk pangan dan tidak sekadar komoditas yang diperdagangkan; pembatasan penguasaan pangan oleh korporasi; melarang penggunaan pangan sebagai senjata; hingga pemberian akses ke petani kecil untuk perumusan kebijakan pertanian.

“Ketujuh prasyarat tersebut fondasinya telah kokoh dibangun Pak Jokowi,” kata Henry.

Henry melanjutkan, untuk reforma agraria contohnya, pemerintah Jokowi telah melakukan perhutanan sosial yang dampaknya telah dirasakan langsung oleh petani.  Sdh ada 2,5 juta hektar yang didistribusikan.

“Lahirnya Perpres Reforma Agraria No.86 tahun 2018 merupakan sikap tegas Jokowi dalam memberikan kepastian perlindungan terhadap keluarga Petani yang sedang bekerja di ladang, perkebunan dari perampasan tanah. Perpers ini langkah sangat maju dalam penerapan reforma agraria yang mangkrak di pemerintahan sebelumnya,” paparnya.

Henry melanjutkan pembangunan infrastruktur pertanian di perdesaan juga sudah dikebut sehingga kuantitas produksi petani meningkat.

“Ketika kuantitas produksi meningkat maka kedaulatan pangan di daerah tersebut terjamin. Tentunya produksi yang membuat petani berdaulat benih, pupuk, dan alami, sehat, *yang didistribusikan melalui koperasi*," lanjutnya.

Henry menambahkan, di pemerintahan Jokowi inilah adanya terobosan data pangan yang tersentral untuk beras yang di-update melalui citra satelit.

“ini juga patut diapresiasi dan ditingkatkan ke komoditas-komoditas pangan lainnya,” tutupnya.

*Kontak Selanjutnya:*
_Henry Saragih – Ketua Umum SPI - 0811 655 668_

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita

Postingan Populer