Budidaya Melon Kirani Dengan Sistem Fertigasi

www.serikatpetanirembang.com - Melon kirani merupakan jenis melon yang menjadi incaran para petani, pemasok, dan konsumen. Hasil dari melon dengan kadar gula 14 - 16°briks itu cukup memuaskan para penikmat melon. Kirani merupakan rock melon berkulit putih susu tanpa jaring dengan tekstur daging lembut sehingga kita dapat mengambilnya menggunakan sendok.

Salah satu Petani di Sulang Rembang yang turut membudidayakan melon kirani ini adalah Zaenal, Muarif dkk. Muarif mengaku dengan harga kontrak yang ditawarkan pihak ketiga memang menjanjikan, namun melon kirani ini cukup manja dengan tingkat tumbuh saat semai yang relatif sulit. 
Pada awalnya, kami melakukan penyemaian sebanyak 6000 benih, tetapi yang berhasil tumbuh hanya 3500 bibit atau tanaman. Itu yang kami alami saat ini dan mungkin juga kekurangan pengetahuan dan pengalaman baru dengan budidaya melon kirani, tambah Muarif.

Kami bersama kawan SPI yang lain menggarap lahan untuk budidaya khusus melon ini sekitar 6.500m2 panjang gulutan sekitar 3.250 meter menghabiskan 8 roll plastik mulsa. Jumlah populasi sekitar 11.000 tanaman, yang terdiri dari melon kirani, melon kinanti serta melon golden apollo dengan sistem Fertigasi.

Budidaya kami lakukan dengan pihak ketiga yang sudah menjamin pasarnya dengan klasifikasi grade A dan grade B. Grade A itu jenis buah dengan berat 1,3 - 1,8 kg, sedangkan grade B beratnya minim 0,8 kg di bawah itu reject. 


Admin SPI Rembang

info selanjutnya;

Muarif - Petani - 0821 1038 8028
Mahmudi - Petani - 0821 3822 1920


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita

Postingan Populer