RASIONALISASI SAWIT VS DURIAN

www.serikatpetanirembang.com - Semalam Bp Presiden membuat pernyataan agar petani berpikir lagi jika mau menanam sawit, karena luasnya sudah 14 juta ha, terluas di dunia dan banyak hadangan dari pihak pasar selama ini, setidaknya Uni Eropa dan India. Lalu menyarankan tanam komoditas lain yang nilai ekonominya tinggi dan pasarnya masih besar. Sarannya tanam Durian.

Begitu dimuat di media massa langsung beragam tanggapannya, saya memahami karena memang saat ini situasi sedang kampanye, tapi bagi saya pribadi yang netral, pernyataan tersebut sangat rasional. Baik adanya, sekalipun saya petani sawit menganggap pernyataan tersebut konstruktif bagi saya selaku petani.

Ilustrasinya..

Sawit, usia produktif provitasnya di petani hanya sekitar 17 ton/ha/tahun, dengan harga saat ini hanya Rp 1.100/kg di Pabrik Kelapa Sawit maka omsetnya hanya Rp 18 jutaan/ha/tahun.

Durian, kalau menyimak video berikut ini omsetnya Rp 7 juta/pohon/tahun, padahal durian non marketable klas pasar dunia, kalau populasi duriannya sama dengan sawit 139 pohon/ha/tahun, jarak tanam 9 x 9 meter maka tak kurang dari Rp 800 juta/ha/tahun.
Anggap Rp 600 juta/ha/tahun.
https://www.youtube.com/watch?v=UcbZ_m5LqcE

Omsetnya bagai langit dan bumi bedanya, pasarnya, apalagi jika lahan tersebut sudah mahal maka total kembali modal akan jauh lebih cepat tanaman durian.

Inilah rasionalisasi dalam beragribisnis, kita tak kan pernah tahu hari esok, tapi kita punya ilmu analisa data statistik yang akan menggambarkan sebuah keadaan di masa depan atas dasar kalkulasi logis kita, lalu jadilah sebuah intuisi.

Artinya agar kita lebih rasional, antara permintaan dan daya suplai agar berimbang lalu harga terkendali, agar petani dapat apresiasi per hektarnya jauh lrbih baik dari pada selama ini, agar kemakmuran petani segera menghampiri, itulah sebab saya selaku petani sawit juga tanam durian yang inovatif marketbale fast moving.
Hehe..

Semoga bermanfaat..

Salam Rasionalisasi
Wayan Supadno
Pak Tani

Admin SPI Rembang

info selanjutnya:

Wayan Supadno - Pak Tani - 0815 8658 0630

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita

Postingan Populer