Cabai Merah Besar Imola Panen ke-19


www.serikatpetanirembang.com - Cabai merah besar (CMB) Imola termasuk komoditas pertanian favorit para petani hortikultura di Indonesia selain cabai rawit. cabai F1 Imola merupakan cabai hibrida yang masuk dalam kategori cabai besar yang memiliki ketahanan terhadap virus kuning dan keriting.

Karakteristik tanaman cabai Imola;
1. Tanaman kokoh, melebar serta banyak percabangan
2. Memiliki buah lebat, ukuran besar dengan panjang lurus dan memanjang
3. Panjang ukuran buah sekitar 16 cm dengan diameter 1,5 cm
4. Panen perdana setelah tanam 85 hari
5. Toleran terhadap penyakit virus gemini, layu bakteri, layu fusarium dan layu phytoptora
6. Satu tanaman rata-rata menghasilkan 2kg buah
Faizhin Abbas petani asal desa Menoro kecamatan Sedan mengaku tanamannya mengalami beberapa kendala pasca tanam, sehingga panen perdana mundur sekitar 10 hari dengan estimasi waktu 75Hst menjadi 85Hst. Salah satu penyakit yang sempat meyerang tanaman cabainya adalah busuk, lalat buah serta patek. Hal tersebut juga diamini oleh Mbah Sri Jadah yang merupakan Ibu dari Abbas saat melakukan panenan ke-19 di lahan tanaman cabai.
Abbas mengaku senang karena tanamannya mampu menghasilkan keuntungan bagi keluarga terlebih dapat menyerap tenaga kerja lingkungan sekitar Gagakan Menoro. Dengan tanam sekitar 7000 populasi tanaman, biaya yang dikeluarkan sekitar 10jt dengan perhitungan tanpa mulsa, anjir dan guludan karena lahan sebelumnya juga ditanami cabai. Panen puncak berada dipanenan ke-8 kali dengan harga kala itu Rp. 25.000,-/kg. Untuk pasarnya nanti ada pembeli yang datang ke rumah untuk mengambil, pungkas Abbas.(Mas Tani/Mah)

info selanjutnya:
Faizhin Abbas - Petani Cabai Menoro - 0813 9076 7476


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita

Postingan Populer