POHON TRENGGULI DI KEMADU

pohon Trengguli di Kemadu Sulang

serikatpetanirembang.com - Musim kemarau yang terik, terpantau suhu siang ini 33-34°C. Dari jauh mata memandang, kami melihat pohon yang masih hijau rindang diantara pepohonan jati dengan daun berguguran. 

Segera kami hampiri pohon tersebut sembari istirahat di bawah naungan. 

Trengguli, begitu masyarakat Kemadu Sulang menamakannya. Pohon ini memiliki batang keras, bunga kuning yang indah, memiliki polong, serta daun kecil dan lebat.

Kegunaan

Trengguli ternyata pohon keras dengan banyak manfaat. Petani Samsu dan Joko Kemadu brang wetan menceritakan bahwa, sebelum karbit ditemukan masyarakat telah menggunakan daun dari pohon Trengguli untuk memeram buah seperti mangga, pisang, jambu, alpukat, nanas dsb.
polong buah Trengguli

Ungkap Joko, buah yang dieram menggunakan daun Trengguli dengan posisi daun di atas buah dan tertutup. Hasil yang didapat adalah buah dengan masak dan warna yang sama rata. Prosesnya sekitar 5 hari, vuah akan masak. Kalau sekarang dengan karbid, dengan proses yang lebih singkat antara 2-3 hari.

Selain daun, ternyata polong buah Trengguli, bunga Trengguli, kulit batang, batang hingga akar, ternyata multiguna.

Dari beberapa sumber yang didapat, ternyata rebusan akar Trengguli bisa difungsikan sebagai antibiotik, obat kulit juga pembersih luka dan bisul, penurun demam hingga untuk obat kencing manis. Tentu harus sesuai arahan dokter atau ahli di bidang farmasi.

Daging dari polong buah yang coklat juga dapat difungsikan sebagai obat, karena mengandung hidroksimetil antrakinon.
Batang Pohon Trengguli

Selain obat, pohon Trengguli juga bisa dimanfaatkan kayunya. Untuk perabot kerajinan dll.

Admin SPI Rembang
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita

Postingan Populer