Budidaya Kunir di Pegunungan Lasem Rembang

serikatpetanirembang.com - Kunyit atau kunir merupakan tanaman rumput tahunan yang mudah tumbuh di dataran rendah, termasuk di Rembang Jawa Tengah.
Tanaman kunir di Rembang cukup melimpah produktivitasnya, tepatnya di area Pegunungan Lasem. Selain kunir juga banyak jenis empon-emponan yang lain seperti lengkuas, jahe emprit, temulawak, lempuyang. Saat ini, memasuki musim panen belum melimpah tapi sudah cukup banyak," Ungkap Zubeir Petani yang sekaligus Lurah Dadapan Sedan. 
Indonesia yang beriklim tropis memiliki banyak sekali jenis tanaman obat. Salah satunya adalah tanaman kunyit yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa. Tanaman ini menghasilkan rimpang atau akar yang berbentuk seperti umbi.
Selain dimanfaatkan sebagai pewarna dan bumbu masakan, rimpang kunyit mengandung senyawa kurkuminoid. Senyawa kurkuminoid ini banyak digunakan sebagai bahan baku obat dalam industri farmasi, kosmetik, makanan, dan minuman.
Waktu budidaya
Untuk budidaya kunyit, setidaknya dibutuhkan waktu 10 bulan agar rimpangnya berukuran cukup besar.
Produktivitas
Produktivitas tanaman ini juga tergolong tinggi. Setidaknya untuk setiap 1 ha lahan, bisa menghasilkan 11 ton rimpang kunyit segar dengan kadar kurkuminoid-nya mencapai 8-11%.
Penanaman
Tanaman kunyit termasuk tanaman dataran rendah hingga sedang. Untuk itu, supaya dapat tumbuh dengan baik dengan kadar kurkurminoid yang tinggi, maka lokasi budidaya kunyit setidaknya 240-800 mdpl.
Penanaman di atas 1000 mdpl akan menyebabkan kadar kurkuminoidnya menurun dengan drastis.
Selain itu, tanaman kunyit juga bisa ditanam di kebun atau di antara tegakan pohon keras yang masih muda seperti sengon dan jati. Namun, sebaiknya tingkat naungan yang diterima oleh tanaman kunyit tidak lebih dari 30%.
Waktu panen
Biasanya, setelah umur tanaman mencapai 10-12 bulan setelah tanam, daun kunyit mulai menguning dan rontok. Kondisi tersebut menandakan bahwa rimpang kunyit sudah siap untuk dipanen.
Proses panennya sendiri sangatlah mudah. Cukup gali tanah sekitar tanaman kemudian angkat tanaman kunyit secara perlahan. Setelah rimpang kunyit terkumpul, segera bersihkan rimpang tersebut dari tanah yang menempel dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

Admin SPI Rembang
Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Arsip Blog

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita