Ironis; Tanaman Padi Petani Rembang Terancam

serikatpetanirembang.comKabupaten Rembang dengan luas 101.408 hektar terdiri atas lahan sawah sebesar 29.058 hektar (28,65 %), lahan bukan sawah sebesar 39.938 hektar (39,38 %) dan bukan lahan pertanian sebesar 32.412 hektar (31,96 %). Menurut luas penggunaan lahan, lahan terbesar adalah tegalan sebesar 32,94 %, hutan 23,45 % dan sawah tadah hujan sebesar 20,08 %.
Banyak lahan padi yang mengering tanpa air hingga tanah berongga, sehingga mengakibatkan tanaman kobong atau kering. Kemungkinan gagal panen sangat besar. Kondisi tersebut banyak dialami oleh Petani di distrik/kecamatan Rembang kabupaten Rembang.

Kondisi demikian, tidak mungkin selalu dilakukan Petani bertahun-tahun. Harus ada upaya dari berbagai pihak, khususnya Pemerintah terkait penanggulangan air untuk lahan pertanian demi terwujudnya kedaulatan pangan di Rembang.

Selanjutnya, Petani yang merugi dan sudah pasti gagal panen harus ada pendampingan dari Dinas terkait untuk membantu dalam proses Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP).


Admin SPI Rembang
Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Arsip Blog

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita