Padi MSP di Grobogan

Agung bersama Anak di lahan Sawah Padi MSP Tawangharjo Grobogan
serikatpetanirembang.com, Grobogan - Nampak sumringah wajah Agung bersama anaknya di area sawah padi MSP desa Tawangharjo Grobogan Jawa Tengah.

Padi tersebut untuk kebutuhan benih ke depan agar bisa kami sebar luaskan ke Petani. Kalau yang untuk pangan, kebetulan sudah kami panen kemarin, "papar Agung.
MSP kepanjangan dari Mari Sejahterakan Petani. Salah satu Penemunya adalah Prof.Ir. Surono Danu,  pria gondrong dengan rambut putih kelahiran Cirebon. Varietas lokal tersebut merupakan benih lokal unggul yang ditemukan dari perkawinan pejantan Dayang Rindu dengan betina Si Sekam kuning dan Si Sekam putih.
Benih MSP sudah menyebar di penjuru negeri, termasuk di Grobogan. Salah satu pengembangnya adalah Bripka Agung yang kebetulan juga Anggota Polri dinas di Polres Grobogan. Sistem yang dipakai dengan menerapkan pendekatan alami, " tutur Agung.
Rata-rata, usia tanam padi MSP selama 105-115 hari dengan kemampuan hasil 9 hingga 13 ton/ha. Bahkan di Tuban, bisa mencapai 14,8 ton/ha. Semua itu tergantung dari kemampuan Petani dalam merawat serta menerapkan teknologi yang baik dan selaras, " pungkas Agung.


Admin SPI Rembang
Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita