WUJUD DARI POHON KEMENJING YANG LANGKA

serikatpetanirembang.com - Sekitar setinggi 13 meter berdiameter 80 cm pohon kemenjing menjulang di lokasi Gunung Klentis dan Gunung Trembelang yang berada sekitar bawah puncak Gunung Argo Lasem. Menurut Tarmin warga Siwalansukun Dadapan yang juga sebagai Mandor Perhutani KPH Kebonharjo tanaman ini merupakan langka dan patut dilestarikan. Tanaman ini merupakan endemik Pegunungan Lasem. 

Berikut video hasil identifikasi warga Siwalansukun Dadapan https://www.youtube.com/watch?v=iIUd4ehmKWg

Tanaman Kemenjing mempunyai buah sebesar apel kecil dengan rasa asam manis dengan warna memerah ketika sudah masak. Daunnya pun dianggap berkhasiat mampu menambah stamina tubuh. Terbukti banyak Pendaki gunung yang merasakan khasiatnya. Ketika mengkonsumsi daun kemenjing rasa badan kembali vit sehingga mampu melanjutkan pendakian kembali, " imbuh Tarmin usia 56 tahun.

Zubeir selaku Kades Dadapan tambahkan bahwa, nantinya buah dari tanaman Kemenjing ini akan menjadi produk lokal andalan yang hanya akan ditemui di rintisan wisata alam Bukit Dewi Rengganis Siwalansukun Dadapan Sedan.


Admin SPI Rembang

Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita