Bawang Merah Bima Curut Brebes

serikatpetanirembang.com - Bawang merah Bima Curut merupakan varietas brambang yang di gandrungi sebagian besar masyarakat Brebes salah satunya Anton warga desa Karangbale kecamatan Larangan kabupaten Brebes tepatnya di rt05 rw01. 
Anton mengaku, mulai terjun melakukan budidaya sendiri sekitar tahun 2019 lalu kala awal merebaknya pandemi covid19. Semula kerja di Jakarta sebagai fotografer, kemudia pulang kampung halaman menekuni sebagai petani dan fotografer juga. Dua tahun ini saya terjun sendiri meski sebelumnya juga sudah biasa tanam brambang dengan dibantu petani lain.
Musim panen ini tanam brambang jenis bima curut, karena dianggap tahan terhadap hama, jamur dan air. Selain jenis bima curut adapula jenis brambang lain yang kuat diantaranya bima raja, bima jaya dan bima sukra. Sepintas kalau membedakan dari fisik hasil umbi memang susah. Perbedaan akan kelihatan ketika kita sudah menanam dengan melihat warna daun ketika menjelang usia tua. 

Daun bima jaya ketika memasuki usia tua daun akan cenderung hitam, sedangkan bima raja akan cenderung menguning. 
Selain varietas tersebut, ada jenis bima juna dengan hasil anakan banyak. Satu sisi jenis bima juna dianggap kurang tahan terhadap air dan hama, "papar Anton pemuda tani 31 tahun.

Admin SPI Rembang
0821 3822 1920
Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita