TANAMAN KITOLOD BAGI KESEHATAN

serikatpetanirembang.com - Tanaman Kitolod merupakan tanaman tropis liar yang sering kita jumpai di daerah cenderung lembab. Terkadang banyak dijumpai pada pekarangan rumah, selokan, ladang dan sawah. Mungkin banyak pula yang belum tahu bahwa tanaman tersebut penuh manfaat. Tentu Tuhan menumbuhkan segala jenis makhluk baik tanaman maupun hewan memiliki manfaat untuk makhluk lain di muka bumi ini.
Mengutip dan copas tulisan dari rsjsoerojo.co.id
Kitolod dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit sehingga sering digunakan sebagai obat alternatif seperti obat mata, obat sakit gigi. pengganti obat merah (antibiotik luka), dan lain-lain.

  1. Obat Mata

Menurut beberapa peneliti pengobat herbal seperti Burkill (1935), Allen (1943), bagian tanaman kitolod yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati iritasi mata. Berdasar penelitian dari Siregar (2012) kandungan dari ekstrak daun kitolod adalah Alkaloid, Flavonoid, dan Saponin. Sedangkan kandungan dari bunga kitolod adalah Alkaloid, Flavonoid, Saponin, dan tanin.

Alkaloid adalah zat yang memiliki kecendrungan menghambat laju pertumbuhan bakteri. Flavonoid berperan sebagai antioksidan dan antibakteri. Saponin adalah yang dapat meningkatkan permeabilitas (kemampuan untuk meloloskan sejumlah partikel) membran sehingga terjadi hemolisis (pecah) sel. Dan Tanin adalah antibakteri.

Berdasarkan penelitian tersebut, maka kandungan dari tanaman kitolod yang sering dipakai untuk tetes mata adalah sebagai antibakteri sehingga dapat membersihkan mata dari bakteri. Jadi penggunaan daun maupun bunga kitolod sebagai obat tetes mata untuk membersihkan mata sesuai dengan kandungan yang ada pada tanaman kitolod.

Penggunaannya : Daun dan bunga kitolod dapat digunakan menjadi obat tetes mata dengan cara yang berbeda. Daun dapat dipotong kecil-kecil kemudian direndam ke dalam air semalaman, lalu air rendaman kitolod dimasukkan ke dalam wadah / tempat tetes mata dan dapat digunakan untuk tetes mata. Sedangkan bunga kitolod dimanfaatkan dengan cara petik bunga kitolod beberapa tangkai, pilihlah bunga yang masih segar, belum layu dan jika bisa baru merekah. Pisahkan bunga dari pangkalnya dengan cara dicabut secara perlahan. siapkan satu gelas air bersih atau hangat yang sudah tersedia sebelumnya. Kemudian masukan ke dalam gelas dan diamkan beberapa menit (rendam selama 5 – 15 menit). Teteskan ujung tangkainya pada bagian mata yang sakit. Pada saat penggunaan, mata akan terasa perih dan sepat, setelah rasa perih menghilang, lanjut teteskan,

Namun perlu diperhatikan, bahwa kandungan getah kitolod sangat berbahaya, maka tidak disarankan untuk meneteskan langsung ke mata tanpa proses perendaman.

  1. Obat Sakit Gigi

Kitolod juga dipercaya dapat meredakan rasa sakit gigi, caranya ambil 2 lembar daun kitolod dan tumbuk hingga halus. Kemudian letakkan ke dalam gigi yang berlubang.

  1. Obat Merah (Antibiotik Luka)

Daun kitolod dapat dipercaya dapat membantu membantu penyembuhan luka luar, yaitu dapat digunakan sebagai antibiotik alami untuk luka ringan seperti kerusakan atau robekan. Cara penggunaannya dengan menumbuk daun dan membalurkan pada luka dan area disekitarnya.

  1. Obat Radang Tenggorokan

Caranya rebus tiga lembar daun kitolod yang sudah dicuci bersih, lalu campurkan dengan 2 gelas air kemudian diminum dua kali sehari.

 Masih dibutuhkan banyak penelitian skala besar untuk memastikan keamanan dan manfaat dari kitolod ini. Tidak masalah untuk mencoba pengobatan alternatif tapi jangan lupa untuk konsultasikan kesehatan atau penyakit kepada dokter untuk hasil yang lebih pasti.

sumber: https://rsjsoerojo.co.id/2020/03/13/kitolod-untuk-kesehatan/

Admin SPI Rembang
Phone/Wa. +628820 0347 6454




Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita