Bunga Dari Tanaman Sawo (Zapota) Dalam Masyarakat Jawa

Morfologi Tanaman

Sawo adalah pohon buah yang memiliki umur panjang. Pohon dan buahnya dikenal dengan beberapa nama seperti sawo, sauh atau sauh manila. Pohonnya besar dan rindang, dapat tumbuh hingga ketinggian 30-40 m, memiliki cabang rendah, sawo memiliki batang yang kasar dan berwarna abu-abu kehitaman sampai coklat tua. Seluruh bagian tanaman mengandung getah berwarna putih susu yang kental. Daun tunggal terletak berseling, sering mengumpul pada ujung ranting. Daunnya bertepi rata dan sedikit berbulu, berwarna hijau tua mengkilap, bentuk bundar telur jorong sampai agak lanset 1,5x3,5-15 cm, pangkal dan ujungnya bentuk baji, bertangkai 1-3, 5 cm, tulang daun utama menonjol disisi sebelah bawah (Dalimartha, S, 2006).

Ekologi dan Penyebaran

Menurut BAPPENAS (2005), sawo adalah tanaman buah yang berasal dari Guatemala (Amerika Tengah), Meksiko dan Hindia Barat. Tanaman sawo di Indonesia telah lama dikenal dan banyak ditanam mulai dari dataran rendah sampai tempat dengan ketinggian 1200 m di atas permukaan laut, seperti di Jawa dan Madura. Manilkara zapota L. adalah pohon yang hidup di daerah tropis dan pertumbuhannya sangat cepat yang dimiliki oleh keluarga Sapotaceae (genus Manilkara) (Singh et al., 2011) dan biasanya dibudidayakan untuk diambil buahnya (Ahmed et al., 2011) . Sawo manila dapat ditemukan di seluruh wilayah tropis di seluruh dunia. Buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, di mana populasi terbesar pohon asli masih ada di Semenanjung Yucatan Meksiko sampai ke Kosta Rika (Ganjyal et al., 2004).
Nama Bunga Sawo

Suku Jawa memiliki kosakata lebih untuk menyebut segala sesuatu. Salah satunya untuk menyebut nama nama bunga. Bunga dalam masyarakat Jawa tidak terbatas bunga mawar bunga melati. Semua tanaman memiliki nama bunganya sendiri seperti tanaman sawo.
Dalam padukata.vom Bunga atau kembang yang tumbuh pada tanaman sawo memiliki nama tersendiri, yaitu "rikuh". Jadi, bagi kawan-kawan yang belum tahu apa nama bunga dari sawo, tentu sekarang sudah mengerti.

Sumber: https://eprints.umm.ac.id/42167/3/BAB%20II.pdf


Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita