Cabai Terkena Lalat Buah, Segera Atasi!!!

serikatpetanirembang.com - Mengutip perbincangan diskusi dalam Group WA Pertanian Alami, terkait tanaman cabai.

Assalamualaikum wr wb. Ijin tanya bpk2. Saya punya tanaman Cabe., bagaimana cara mengatasi/ mengendalikan Penyakit Patek agar tdk menyerang Parah. Mksh sblmnya," ungkap Subhan Abshari.

Alaykum salam, biasanya patek marak musim gini, ada foto buah & tanamannya," jawab Heri Sleman.

Lalu, Subhan Ashari kirimkan gambar.
Tanaman sehat, patek bukan efek jamur tapi ada faktor lain. Coba cek buah yg utuh ada yg spt di suntik jarum menghitam. Klo ada itu karena lalat buah, kondisi tanaman sehat gitu," papar Heri.

Daunnya awalnya menguning lama lama menjalar ke batang dan akhirnya layu keseluruhan.. begitukah Pak..?" Tanya anggota lain atas nama Dwi Hermawan.

Kemudian, Subhan mengirim gambar dengan mengucap "awalnya begini", seperti gambar.
Menurut Heri, itu Lalat buah mas. Itu klo di kupas ada magotnya (anak LB/lalat buah). Coba bersihkan buah yg sdh rusak jauhkan dari lokasi budidaya. Kemudian pasang perangkap lalat buah di luar area budidaya. Spray tanaman dgn pesnab rutin 3 hari sekali.

Kemudian Heri, mengidentifikasi gambar buah dengan lingkaran biru bahwa itu seperti suntikan hitam dan benar karena lalat buah. Seraya berkata kapada Subhan "itu yg saya maksut mas".
Utk pesnab apa pak obatnya, " tanya Subhan.

Pesnab bebas yg jenengan punya apa, semua bisa di pakai, " jawab Heri.

Coba pake asap cair interpal 3 hari dosis 200ml/16l, tapi amati barang x terjadi daun menguning, dosis dikurangi, " tambah Uri Nur Hidayat Petani asal Cirebon.

Admin SPI Rembang

Istilah:
Pesnab = Pestisida nabati
Magot   = Anak lalat buah
LB          = Lalat buah
PA          = Pertanian alami

Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Arsip Blog

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita