PROSESI ARAK SESAJI DALAM TRADISI SEDEKAH LAUT "LOMBAN" DESA DASUN LASEM

LASEM, DASUN - Sedekah laut atau Lomban dalam tradisi masyarakat Pesisir Pantai Utara Jawa telah lama menjadi kegiatan rutinan setap tahun. Kegiatan lomban menjadi cerminan syukur serta ungkapan masyarakat khususnya di Desa Dasun atas nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa. Alam laut yang membentang di utara Dasun, telah memberi penghidupan layak bagi masyarakat. 

Rutinitas kegiatan lomban ini dilaksanakan pada bulan Agustus. Secara gotong-royong masyarakat mempersiapkan segala prosesinya. Baik dari awal acara ritual hingga pertunjukan atau hiburan.
Sesaji yang telah disiapkan warga pada pukul sembilan pagi di arak dari rumah warga menuju Muara Sungai Dasun secara bergantian. Melihat antusias warga dari segala usia secara sukarela terlibat dengan wajah ceria atau bungah sumringah. 

Sungguh tradisi baik yang penting untuk dilestarikan mengingat, lomban adalah implementasi hubungan manusia kepada PenciptaNya, manusia dengan manusia, serta manusia dengan alamnya. Jangan sampai tradisi baik ini, nantinya malah membuat kerusakan kepada alam seperti membuang sampah plastik sembarangan. Lalu, pudarnya budaya gotong royong, jagong gayeng (musyawarah) dll.

Salut, kepada seluruh segenap masyarakat Dasun yang memberikan kegiatan baik kepada kita semua dengan keterbukaan dan kearifan-kearifannya.


Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita