Sapi Rembang gemuk-gemuk, setelah makan jerami

Sapi Rembang gemuk-gemuk, setelah makan jerami 
Salah satu upaya khusus padi, jagung, dan kedelai (Upsus Pajale) adalah untuk meningkatkan produksi padi dengan menambah luas tanam. Dengan luas tanam yang bertambah pada akhirnya akan meningkatkan jumlah produksi juga.

Seiring dengan bertambahnya luas tanam bertambah juga limbah yang dihasilkan. Limbah tanaman padi adalah jerami. Setelah padi dipanen pasti meninggalkan limbah berupa jerami padi. Satu Ha sawah menghasilkan kurang lebih 5 ton jerami.

Musim kemarau tidak harus pusing memberi makan ternak. Kekurangan pakan bisa diatasi dengan pemberian jerami padi. Limbah ini dapat diolah menjadi pakan ternak yang berkualitas dan harganya murah. Proses pengolahan dilakukan dengan memfermentasi jerami padi.

Fermentasi ini gunanya untuk meningkatkan kandungan protein yang terdapat pada jerami padi. Nilai nutrisi jerami padi sebelum fermentasi adalah Protein Kasar (PK) 3%, setelah difermentasi meningkat menjadi PK 7%.

Fermentasi dilakukan dengan cara mencampur jerami padi dengan probion dan urea. Untuk 1 ton (1000 kg) jerami padi dicampur dengan 2,5 kg probion dan 2,5 kg urea. Kemudian didiamkan/diperam selama 3 minggu (21 hari).

Selama proses fermentasi telah terjadi perombakan karbohidrat terstruktur dan karbohidrat non struktur. Setelah 21 hari jerami fermentasi dikeringkan dengan sinar matahari.

Selanjutnya dapat diberikan langsung ke ternak atau disimpan untuk persediaan pakan pada saat kemarau. Pemberian jerami padi fermentasi yang ditambah dengan konsentrat pada sapi PO mampu meningkatkan bobot badan harian.

Sumber: http://www.litbang.pertanian.go.id/ 
Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita