FILOSOFI KANGKUNG

serikatpetanirembang.com - Berikut filosofi tanaman kangkung.

FILOSOFI KANGKUNG
Luruo galihe kangkung
Nulisa tanpa papan ing papan tanpa tulisan
Mibera kaya tapak kuntul melayang
Mengko sira bakal ketemu ning nang nung
Artinya:
Carilah batang kangkung
Menulislah tanpa papan tulis di atas papan tanpa tulisan
Bergeraklah seperti bayang-bayang bangau terbang
Nanti kau akan mendapatkan kebeningan, ketenangan, dan keberhasilan.
Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Memang benar bahwa Allah tidak menciptakan alam semesta ini dengan sia-sia. Bahkan sayur kangkung pun mengandung suatu makna yang dapat kita jadikan sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari. Petuah di atas mengandung makna yang merupakan kunci suskes sebagai berikut:
1. Carilah batang kangkung
Kalimat ini menyarankan agar kita memperhatikan dan mempelajari batang Kangkung. Sayur Kangkung mempunyai keunikan bila dibandingkan dengan sayur-sayuran lainnya seperti Bayam atau Daun Singkong khususnya pada bagian batang daun. Batang Kangkung di dalamnya berongga, kosong dan tidak berisi. Sementara batang sayur Bayam dan Daun Singkong berisi atau padat. Batang yang kosong ini merepresentasikan hati yang kosong. Hati yang kosong adalah hati yang selalu ikhlas.
2. Menulislah tanpa papan tulis di atas papan tanpa tulisan.
Setelah kita mengikhlaskan hati, maka tetapkanlah tujuan, cita-cita, atau pecapaian yang ingin diraih. Papan tanpa tulisan yang dimaksud adalah hati. Jadi menulis di atas papan tanpa tulisan berarti menetapkan tujuan yang ingin dicapai dalam hati, yang tidak lain adalah niat. Niat harus berlandaskan pada hati yang ikhlas.
3. Bergeraklah seperti bayang-bayang bangau terbang.
Langkah sukses berikutnya adalah berusaha mewujudkan cita-cita atau tujuan yang telah diniatkan. Berusaha yang disarankan di sini adalah usaha dengan kekuatan seperlunya tanpa harus dipaksakan sehingga mengakibatkan stress. Seperti halnya bangau yang terbang perlahan tapi pasti dan penuh kesabaran berputar-putar di udara sambil mengintai mangsa yang merepresentasikan tujuan yang akan dicapai. Berusahalah dan serahkan hasilnya kepada Yang Maha Memberi, tidak perlu stress atau bahkan saling sikut untuk menjatuhkan orang lain.
4. Nanti kau akan mendapatkan kebeningan, ketenangan, dan keberhasilan.
Kita tentu tidak asing lagi dengan buaian seorang ibu kepada bayinya dengan penuh kasih sayang agar bayinya itu tidur, nang ning nung ning nang ning nung. Ternyata buaian sederhana ini mengandung doa yang sangat luar biasa. Nang adalah singkatan dari kata tenang, ning singkatan dari kata bening, dan nung adalah dari kata dunung yang berarti menjadi atau berhasil. Jadi, nang ning nung merupakan suatu doa seorang ibu agar anaknya menjadi orang yang berpikiran dan berhati jernih, dapat hidup dengan tenang dan meraih keberhasilan.
Pada tulisan berikutnya, kita akan melihat rahasia lain dibalik doa nang ning nung ini yang akan semakin membuka mata kita betapa tanah air Indonesia mempunyai akar budaya yang begitu adi luhung.
Sumber: The Science & Miracle of Zona Ikhlas (Erbe Sentanu)


Admin SPI Rembang
Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita