Rumania: mendukung petani adalah prioritas dalam konteks Covid19 (surat terbuka)

Serangkaian langkah yang diusulkan kepada pemerintah dan Parlemen Rumania oleh organisasi produsen kecil, organisasi masyarakat sipil, dan peneliti di bidang pertanian dan pangan

Jika kita saat ini menghadapi krisis kesehatan, kenyataan di sekitar kita menunjukkan bahwa ada risiko menghadapi krisis pangan. Petani, produsen lokal kecil dan menengah, pertanian keluarga di Rumania dan di seluruh dunia terus menyediakan makanan baik di desa mereka, keluarga mereka dan di kota-kota terdekat. Rantai makanan pendek dan ekonomi lokal tidak hanya menyediakan makanan segar dan sehat, tetapi mereka adalah solusi untuk krisis ini, yang kemungkinan akan berlarut-larut. Selain itu, dukungan mereka adalah peluang pembangunan lokal jangka panjang yang penting dan jaring pengaman dalam situasi krisis potensial lainnya.
Kami menganggap sangat penting bahwa otoritas publik mempertahankan fungsi pasar petani, yang aman disesuaikan dengan pandemi. Kami membutuhkan dukungan berkelanjutan dari pihak berwenang, sehingga produsen dapat terus datang ke pasar dan menjual dalam kondisi yang higienis dan aman, baik untuk mereka sendiri maupun untuk konsumen. Pasar petani adalah alat utama untuk menjual produk dari produsen kecil secara langsung. Mereka penting karena mereka menyediakan makanan dengan harga yang pantas bagi produsen dan konsumen, termasuk orang-orang dari kelompok rentan dan orang tua dengan pensiun yang berkurang. Selain itu, banyak inisiatif pengiriman langsung antar produsen ke konsumen,
Mengingat kapasitas tak terbantahkan dari petani dan produsen kecil untuk memberi makan konsumen, tetapi juga risiko yang terkait dengan pandemi coronavirus, kebijakan publik sekarang harus fokus pada dukungan mereka serta dukungan konsumen miskin. dan lansia untuk melawan konsekuensi dari krisis. Dalam hal ini, para penandatangan surat terbuka ini mengusulkan kepada pemerintah dan pihak berwenang yang kompeten langkah-langkah konkret yang dapat dilaksanakan selama periode berikutnya.
Proposal kami disusun dalam 3 bagian:

I. Akses ke pasar dan aktivitas pertanian untuk produsen kecil:

1. Menjaga outlet langsung terbuka, terutama pasar petani lokal di kota atau desa, serta toko pertanian di seluruh Rumania, selama periode krisis Covid-19. Prioritaskan produsen kecil (bukan perantara) di pasar petani, baik publik maupun dikelola oleh administrator swasta. Kami juga menyarankan agar dana dialokasikan secara lokal dan nasional oleh walikota, dewan lokal, administrasi pasar swasta dan pemerintah - untuk kesehatan dan keselamatan produsen, termasuk peralatan pelindung (masker, sarung tangan, baju, desinfektan, dll.). Last but not least, perlu untuk mempromosikan pasar di lingkungan publik,
2. Mendukung dan mempromosikan rantai pasokan pendek (lokal), seperti inisiatif penjualan makanan di rumah individu dan kelompok:
a) dengan mengizinkan pengaturan sendiri titik distribusi tetap dan bergerak, dengan menghormati standar pencegahan terhadap penyebaran Covid-19;
b) dengan menyediakan ruang yang memadai bagi otoritas lokal dan menutupi biaya operasinya oleh pemerintah dan / atau otoritas lokal selama pembatasan terkait dengan Covid 19 dan setidaknya 3 bulan sesudahnya.
3. Dukungan dari produsen pastoral, yang secara khusus dipengaruhi oleh pembatasan yang terkait dengan Covid-19, masing-masing dari peternak kecil (domba dan kambing) dan peternak lebah dalam rangka melakukan transhumance dan kegiatan pastoralisme mereka dan akses ke pasar.
4. Mempertahankan jadwal pembayaran subsidi dalam kerangka kebijakan pertanian umum (CAP) dan membantu penerima manfaat secara offline dan online dalam proses memperoleh subsidi; dan pengurangan PPN dan pajak lainnya untuk produsen kecil dan menengah.
5. Pengaturan dan pembatasan keuntungan komersial atas bahan makanan pokok, untuk menghindari spekulasi dan memburuknya krisis pangan. Pada saat yang sama, menjamin harga yang adil bagi produsen oleh Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan dan oleh lembaga-lembaga yang diberdayakan oleh subordinasi langsung Kementerian dan setelah berkonsultasi dengan asosiasi produsen.
6. Pelaksanaan investasi publik oleh Kementerian Pertanian, dengan kontribusi di tingkat kabupaten dan pemerintah daerah, untuk pengembangan penyimpanan dan infrastruktur pemrosesan untuk produsen kecil. Investasi ini sangat penting dan memiliki peran strategis dalam jangka menengah dan panjang untuk pengembangan dan ketahanan rantai makanan nasional. Infrastruktur ini harus memungkinkan penyimpanan dan pemrosesan sayuran, buah-buahan, sereal, produk susu dan lainnya, untuk sejumlah besar produsen kecil, sehingga meningkatkan akses mereka ke pasar, serta akses ke makanan sehat, segar dan lokal. untuk konsumen.
7. Memperbarui dan meningkatkan peraturan pengadaan publik, untuk memfasilitasi pasokan ke rantai pasokan pendek untuk penggunaan institusional (rumah sakit, kantin lembaga, suaka, dll.), Dengan perluasan sistem ini ke sekolah, taman kanak-kanak, pembibitan dan lembaga publik lainnya.
8. Reintroduksi (dan pemantauan) kewajiban untuk memasok dari rantai makanan pendek ke toko makanan besar.

II Masalah pekerja pertanian:

9. Pemerintah Rumania diminta untuk memikul tanggung jawabnya atas keselamatan pekerja migran musiman yang bekerja di sektor pertanian dan pangan, dengan menjamin implementasi semua langkah pencegahan terhadap COVID-19 oleh pemerintah Rumania dan pemerintah negara-negara tuan rumah sepanjang krisis; memantau implementasi langkah-langkah pencegahan terhadap COVID-19 oleh semua lembaga negara, agen perekrutan dan perusahaan atau peternakan yang terlibat dalam perekrutan, dalam pelaksanaan kontrak kerja serta dalam transportasi dan pelaksanaan pekerjaan dari keberangkatan dari Rumania dan sampai kembali ke negara itu, termasuk aspek spesifik berikut:
a) Peraturan penerbangan charter untuk transportasi pekerja musiman sehingga semua langkah pencegahan COVID-19 diterapkan; ini menyiratkan penyediaan personil di bandara nasional untuk memastikan bahwa langkah-langkah pencegahan COVID-19 dipertahankan dan dihormati oleh warga negara yang harus pergi untuk pekerjaan musiman di negara lain;
b) Kewajiban agen perekrut dan pengusaha yang mencari pekerja musiman untuk memberi informasi dan menyediakan sarana yang diperlukan bagi pekerja musiman migran terkait tindakan pencegahan COVID-19 selama proses 'pekerjaan, perjalanan dan selama periode kerja aktual dan tetap tersedia untuk pekerja di negara tuan rumah;
c) Komitmen publik dan tegas pada tingkat bilateral antara Rumania dan negara tuan rumah dari pekerja musiman bahwa langkah-langkah pencegahan COVID-19 dihormati (misalnya, kontrol di tingkat pengusaha dan di pertanian oleh otoritas yang kompeten) negara tuan rumah);
d) Pembentukan hotline di mana pekerja musiman dapat melaporkan pelanggaran tindakan pencegahan COVID-19 oleh pengusaha di negara tuan rumah.
10. Memperkuat upaya untuk memulangkan warga negara Rumania - migran musiman yang bekerja di pertanian, makanan dan layanan penting lainnya dan warga negara yang terperangkap di negara tuan rumah, yang menemukan diri mereka dalam situasi sulit atau yang telah kehilangan pekerjaan mereka dan melaporkan perlunya bantuan repatriasi.
11. Perlindungan pekerja pertanian dengan mempertahankan pekerjaan dan pendapatan yang terkait, untuk memastikan kelanjutan dari aktivitas mereka dalam situasi darurat, untuk menjamin kesehatan dan keamanan pangan semua warga negara.

III. Tingkatkan transparansi proses pengambilan keputusan dan libatkan produsen kecil dan masyarakat sipil dalam pengambilan keputusan jangka pendek:

12. Dimasukkannya asosiasi produsen kecil, masyarakat sipil, organisasi dan lembaga penelitian yang aktif di bidang pertanian dan pangan dalam dialog dan struktur kerja di tingkat Kementerian pertanian, serta otoritas kompeten lainnya di tingkat regional dan lokal, untuk keputusan yang lebih baik tentang keamanan dan keselamatan pangan dalam konteks krisis Covid-19, tetapi juga untuk pengembangan jangka panjang sektor ini. .

Sudah lebih dari sebelumnya bagi pemerintah dan Parlemen Rumania untuk memahami bahwa makanan lokal, sehat dan bergizi yang diperoleh oleh produsen kecil dan petani, serta akses masyarakat terhadap makanan dengan harga terjangkau, berarti ekonomi lokal yang kuat dan ketahanan pangan berkelanjutan.
Buka surat tertulis dan dikirim oleh:
Eco Ruralis Association - mendukung petani organik dan tradisional ( www.ecoruralis.ro )
AsociaÈ›ia Eco Ruralis - di sprijinul fermierilor ecologici È™i tradiÈ›ionali ( www.ecoruralis.ro )
FederaÅ£ia asociaÅ£iilor apicole din România - ROMAPIS ( www.romapis.ro )
AsociaÈ›ia pentru SusÈ›inerea Agriculturii ȚărăneÈ™ti - ASAT ( www.asatromania.ro )
AsociaÈ›ia FiinÈ›a Rurală - iniÈ›iativa Cutia Țăranului ( www.cutiataranului.ro )
WWF România ( www.wwf.ro )
AsociaÈ›ia Hosman Durabil ( www.moara-veche.ro )
Makanan Lambat Cluj Transilvania
Platform Penelitian Pembangunan Pedesaan ( www.rdrp.ro )
Proiectul de cooperare Just Food
FundaÈ›ia ADEPT ( www.fundatia-adept.org )

Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita