Perlakuan Pasca Panen Bawang Merah

serikatpetanirembang.com - Budidaya bawang merah mayoritas usia tanam hingga panen adalah dua bulan. Namun, perlu diketahui juga bahwa perlakuan umbi pasca panen sangat penting agar umbi bisa kuat tersimpan serta umbi semakin bagus. Ada jeda dimana umbi pun akan mulai membusuk kala tersimpan maksimal 6 bulan.
Perlu dipersiapkan infrastruktur yang memadai agar proses pengeringan pasca panen khususnya dengan cara sederhana dan tradisional berjalan dengan baik. Seperti plastik, terpal, anjungan dari bambu serta widik. Karena proses ini, mengandalkan sinar matahari dan udara.
Setelah proses pencabutan dari lahan, umbi akan di keringkan dengan ikatan kecil secukupnya dengan alas plastik/terpal dan tutup plastik agar ketika hujan turun bisa aman, sedangkan kala cuaca cerah bisa di buka. Selama hampir 1 minggu, daun mulai mengering. Lalu akan dipindah ke anjungan dari bambu. prosesnya memerlukan panas udara dari atas dan bawah anjungan, sehingga sirkulasi udara disini diperlukan. Hampir 3 minggu ini proses ini dilakukan agar umbi akan mampu tersimpan kuat dan bibit yang akan ditanam lagi bisa kuat terhadap hama, jamur dan air. Ketika bibit akan ditanam, pilihlah umbi yang utuh dan keras. 


info lebih lanjut:
Call/Wa. 087887446933 Anton, Pemuda Tani Karangbale 05/01, Larangan, Brebes 

Admin SPI Rembang
0821 3822 1920

Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita