Prospek Budidaya Ulat Sutera di Rembang

serikatpetanirembang.com usaha peternakan sederhana dengan hasil yang menjanjikan.

Usseri kepanjangan dari Ulat Sutra Sejahtera Eri. Varian baru ulat sutra pemakan daun singkong, daun ketela, dan daun jarak. Varian ini cocok dengan alam Indonesia karena ketersediaan pakan yang melimpah. Cara budidayanya juga mudah dan praktis.Menurut Iqbal yang merupakan peternak ulat sutra dari Pamotan memaparkan, hasil budidaya ulat sutra jenis ini punya nilai tambah yang berlipat dan nilai jual yang tinggi.Kokon (kepompong) berupa kapas yang lentur, mudah disobek, sehingga entung (puppa) bisa dikeluarkan dari kepompongnya.

Dijelaskan, puppa ulat sutra Usseri bisa diproses menjadi makanan yang bergizi dan kaya protein. Bisa pula diproduksi menjadi pakan ternak yang berkualitas tinggi.

Belum lagi jika kapasnya sudah diproses dan dikilokan menjadi benang sutra akan memiliki nilai jual tinggi, karena harga kain sutra sangat mahal. Sementara kebutuhan benang sutra nasional masih tinggi. Kebutuhan per tahun sebanyak 700 ton, baru terpenuhi dari produksi domestik sebesar 250 ton. Selebihnya masih impor, "papar Iqbal.

Tambahnya, jika ada kawan yang turut bergabung dalam budidaya ulat sutra hanya perlu mendaftar sebagai anggota. Karena, sistem bisnisnya menerapkan franchise.
Share:

1 komentar:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita

Postingan Populer