Presiden Jokowi Tanam Padi Bersama Serikat Petani Indonesia Di Tuban

serikatpetanirembang.comPresiden Joko Widodo (Jokowi)melakukan tanam padi bersama petani di Kawasan Daulat Pangan Serikat Petani di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Tuban. Jokowi memuji para petani yang menggunakan pupuk organik.

Jokowi mengatakan, tanam padi ini langsung dilakukan usai panen tanpa diberi jeda. Ia senang para petani di sini memanfaatkan pupuk organik.

"Hari ini kita mulai menanam padi seperti di daerah lain, setelah panen tidak diberi jeda karena masih ada air banyak, segera ditanam," kata Jokowi dalam keterangannya di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (6/4/2023).
"Yang saya senang di sini memakai pupuk organik yang dilakukan oleh Serikat Petani Indonesia sudah 3 tahun totalnya kurang lebih 1.000 hektare," imbuhnya.

Tak hanya itu, penggunaan pupuk organik ini juga lebih murah. Dalam satu hektarenya, hanya menghabiskan Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu. Padahal, biaya pupuk biasa dalam satu hektarenya bisa 10 kali lipat yakni Rp 5 juta hingga Rp 6 juta.


Jokowi juga menyebut, penggunaan pupuk organik juga bisa mengurangi ketergantungan pupuk kimia. Sebab selama ini petani sering mengeluhkan kelangkaan pupuk.

"Dan tidak ketergantungan pada pupuk kimia, bergantung pada industri pupuk kimia dan bergantung pada impor pupuk kimia yang selama ini terjadi. Jadi jangan sampai 'Pak pupuknya sulit' ya sulit, semua negara juga sulit. Tetapi pilihan-pilihan dan ini sudah dimulai oleh serikat petani Indonesia, saya kira bagus sekali," tambahnya.
Lihat Juga Video di Link
Selain itu, Jokowi menyebut, penggunaan pupuk organik juga meningkatkan produksi padi hingga memperbaiki ekosistem.

"Hasilnya juga di awal memang turun sedikit, setelah itu meningkat, ini yang bagus. yang kedua juga memperbaiki lingkungan. ekosistem yang ada di sini tumbuh kembali, cacing mulai banyak, belut mulai banyak, katak mulai banyak, ini kan mulai lagi, ekologinya akan terperbaiki kembali," pungkasnya.


Sumber: detikjatim, "Tanam Padi di Tuban, Jokowi Apresiasi Petani Pakai Pupuk Organik" selengkapnya https://www.detik.com/jatim/berita/d-6658870/tanam-padi-di-tuban-jokowi-apresiasi-petani-pakai-pupuk-organik.
Share:

Entri yang Diunggulkan

Pasar Kramat Desa Nglojo Segera Launching

www.serikatpetanirembang.com - Pasar kramat Nglojo merupakan suatu pasar wisata tradisional yang mempunyai konsep mengangkat tema ...

Berita Pertanian

Total Pageviews

Label

Gallery Pertanian

Dokumentasi Berita